Jumat, 16 Januari 2009

=>Induk kelinci tidak mau menyusui

Kadang-kadang ada sebagian orang yang bingung...Kapan induk kelinci menyusui anaknya?Apakah anaknya tidak disusui?Tidak usah bingung dan repot-repot memaksa induknya agar menyusui anaknya baik dengan memegang badan ataupun ke empat kaki induknya,ataupun dengan menyodor-nyodorkan bayi kelinci ke induknya agar di susui..Jangan..! Hal itu jangan pernah anda lakukan,karena pemaksaan seperti itu biasanya akan membuat induk kelinci malah menjadi stres dan akhirnya benar-benar tidak mau menyusui anaknya .
Solusinya_
Kita harus faham betul,benarkah induk tak mau menyusui? Bayi kelinci yang baru dilahirkan dia tidak akan mampu bertahan hidup lebih dari 2 hari kalau dia tidak di susui induknya,dengan kata lain jika bayi kelinci masih hidup setelah 2 hari kelahiran berarti dia disusui induknya.
Induk kelinci biasanya menyusui anaknya pada jam-jam tertentu yaitu sekitar jam 2.30 sampai jam 3.30 itupun paling-paling cuma 5 menit ia menyusui anaknya,nah kalau kita ingin tahu induknya menyusui pastikan kita standbay di depan kandang jam 2.30 smp jam 3.30 pagi.


Untuk mendeteksi bayi kelinci yang tidak disusui,satu hari setelah kelahiran coba anda cek kondisi bayi kelinci,lihat perutnya dan suhu bandanya.Bayi kelinci yang tidak disusui perutnya akan kempes tidak gendut,suhu badan kelinci terasa dingin,terlihat sangat pucat dan kulit tubuh berkeriput.
Kalau memang terdapat tanda-tanda seperti diatas segera ambil tindakan,titipkan bayi kelinci tersebut pada induk lain tentunya induk yang sedang menyusui juga.Banyak faktor kenapa induk tidak mau menyusui bayinya salah satunya stres...
=Stres karena pasokan makanan kurang memenuhi gizi kelinci
=Induk kelinci baru pertama kali melahirkan,naluri keibuan belum ada
=Puting susu kelinci mengalami sakit atau terjadi pembengkakan dll
Induk kelinci yang mengalami stres bisa jadi dia akan menjadi kanibal memakan anaknya sendiri.
Solusi yang tepat adalah dengan
_Menjaga gizi selama induk bunting,termasuk memberi air minum.
_Menjaga ketenangan sekitar kandang,jangan sampai ada kucing atau tikus yang ingin mencoba masuk kandang
_7 hari sebelum beranak,siapkan kotak beranak lengkap dengan jerami kering
_Jangan langsung dipegang-pegang bayi yang baru dilahirkan
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: