Jumat, 30 Januari 2009

=> Memilih bibit kelinci yang baik

Sebelum kita beternak kelinci,sebaiknya kita tahu bagaimana ciri kelinci yang baik.Memilih bibit unggul sebenarnya bisa kita lihat dari bentuk-bentuk tubuhnya,dari bentuk kepala,kaki,ekor,bulu,badanya dan lain-lain.


1. Kepala
Kelinci yang baik memiliki kepala yang sesuai dengan ukuran badanya.Bila kelinci tersebut mempunyai bentuk tubuh yang besar maka bentuk kepala harus besar pula,begitu juga kelinci berbadan kecil bentuk kepala harus kecil sesuai badanya.
2. Kaki
ciri kaki yang baik adalah kaki tersebut kuat ,kokoh dan tidak cacat. Perhatikan saat berjalan/melompat,biasanya kelinci yang berkaki baik/sehat kaki belakang akan terangkat secara bersamaan,pada saat dia tengkurap (tidak miring) kakinya akan lurus ke arah perut bukan melebar atau menyamping
2. Badan
Postur kelinci yang baik memiliki bentuk badan yang agak bulat,jika di pegang akan terasa padat,begitu juga dibagian dada,haruslah berdada lebar.
3. Telinga
bentuk kedua telinga haruslah seimbang,tidak besar kecil,kedua telinga berdiri keatas semua {kecuali jenis fujiloph}.

gambar diatas menunjukan bentuk telinga kelinci yang tidak baik,yang satu jatuh yang satu tegak.
Coba cek bagian bawah telinga,kelinci yang baik dibagian bawah telinga akan tampak bersih tidak ada bercak-bercak atau semacam kerak yang menempel dibawah telinga.
3. Mata
kelinci yang sehat mata terlihat jernih,bentuknya bulat terlihat bercahaya,selaput matanya terlihat bersih dan tidak berair.
Jika matanya terlihat sipit dan layu apalagi mengeluarkan air menandakan kelinci tsb sedang sakit
4. Bulu
warna bulu tidak kusam,bila diraba terasa halus tidak ada benjolan-benjolan.
5. Ekor
Bentuk ekor kelinci yang bagus adalah ekor yang lurus menempel kepunggung,tidak miring atau rebah kesamping
6. Tingkah kelinci
kelinci yang baik dan sehat adalah yang aktif bergerak,gerakanya energik dan lincah,
7. Keturunan
Sebelum kita memutuskan untuk memelihara kelinci,pastikan kita tahu garis keturunan kelinci tersebut,paling tidak kita tahu induk betina dan pejantanya.
Untuk itu disarankan jika mencari bibit sebaiknya dipeternak saja,sehingga kita tahu persis keturunan kelinci tersebut.
8.Kesehatan
Kelinci yang baik tentunya harus yang sehat pula,namun kadang-kadang kita tidak tahu kondisi sebenarnya kelinci tersebut,hal yang perlu anda perhatikan,coba cek bagian hidungnya,jika basah mengeluarkan air berarti kelinci tersebut mungkin kena pilek,juga cek bagian anus ada sisa-sisa kotoran becek menempel tidak,jika terdapat bekas kotoran yang agak basah dan belepotan berarti terindikasi kelinci sedang mencret,cek bagian kuku kaki,jika terdapat kerak-kerak disekitar kuku kelinci (seperti ketombe tapi tebal)
berarti kelinci tersebut terserang scabies.
Cara-cara seperti diatas mungkin cara yang paling sederhana untuk mengetahui kualitas kelinci yang baik.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: